Artikel Masyarakat : 60,4 Persen Masyarakat Minta Pemerintah Prioritaskan Kesehatan

Di masa pandemi ini, apalagi jika dilihat bahwa Indonesia termasuk dalam peringkat 14 negara yang memiliki kasus covid-19 tertinggi di dunia, tak dapat dipungkiri lagi bahwa kesehatan adalah concern utama yang harus di prioritaskan pemerintah. Dikutip dari berita tersebut, “(Sebanyak) 60,4 persen menginginkan pemerintah memprioritaskan kesehatan, 36,2 persen menginginkan pemerintah memprioritaskan ekonomi, dan 3,4 persen menyatakan tak tahu atau tidak menjawab.”

Sehebat apapun yang dilakukan pemerintah untuk memperbaiki sektor ekonomi, tetapi jika tidak dimbangi dengan sektor kesehatan pun akan percuma saja. Ekonomi harus dijalankan oleh individu yang memiliki jiwa dan raga yang sehat. Dan Indonesia sudah memsuki peringkat 14 di dunia, bebrapa negara pun sudah ada yang menutup akses ke Indonesia. Jelas itu sangat merugikan Indonesia. Maka dari itu, perlu penanganan yang ekstra untuk menurunkan peringkat dunia tersebut dengan mengedepankan kesehatan untuk penangan Covid-19.

Penanganan kesehatan dapat diprioritaskan pemerintah dengan meningkatkan fasilitas kesehatan, menambahkan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan di rumah sakit, meningkatkan persediaan obat dan vitamin, memperketat protokol kesehatan covid, membagikan masker geratis kepada masyarakat, menerapkan PSBB dengan aturan yang jelas, memberikan kampanye hidup sehat kepada masyarakat agar masyarakat juga lebih aware terhadap pandemi ini.

Semua pihak, baik pemerintah dan masyarakat harus sama-sama membentuk mindset untuk menomor satukan kesehatan dengan selalu wasapda dan menerapkan protokol kesehatan seperti cuci tangan, pakai masker, dan tetap menghindari kerumunan.

Pada intinya, kesehatan dan ekonomi harus dijalankan secara seimbang, pada saat ini mungkin kesehatan lebih perlu di prioritaskan tetapi dengan tidak melupakan sektor ekonomi juga. Karena keduanya sangat penting untuk tetap berjalan bersama-sama.

Source :https://nasional.kompas.com/read/2020/10/18/20382411/604-persen-masyarakat-minta-pemerintah-prioritaskan-kesehatan (diakses pada 19 Oktober 2020)







Komentar