Teknologi Informasi (IT governance)

 Teknologi Informasi (IT Governance) adalah suatu cabang dari tata kelola perusahaan yang berfokus pada sistem teknologi informasi (TI) serta manajemen kenerja dan risiko. Meningkatnya minat pada tata kelola TI sebagian besar muncul karena adanya prakarsa kepatuhan (seperti Sarbanes-Oxley di Amerika Serikat dan Basel II di Eropa) serta semakin di akuinya kemudahan proyek TI terhadap kinerja suatu organisasi.

Urgensi Tata Kelola

TI Tata Kelola TI bertujuan untuk memaksimalkan potensi sumber daya yang ada, dan menghindari tumpang tindih alokasi waktu, biaya dan sumber data manausia, serta mengurangi risiko dalam pengembangan TI sehingga menjamin investasi TI dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Teknologi Informasi juga merupakan sumber daya bisnis yang harus dikelola dengan baik dan benar. Teknologi Informasi telah terbukti memeberikan kontribusi dan peranan penting pada keberhasilan atau kegagalan usaha bisnis strategi perusahaan. Oleh karena itu, pengelolaan teknologi informasi sangatlah penting untuk dilalukan.

Di lingkungan yang sudah memanfaatkan Teknologi Informasi (TI), tata kelola TI menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Hal dikarenakan ekspektaso dan realitas seringkali tidal sesuai. Pihak shareholder perusahaan selalu berharap agar perusahaan dapat :

  • Memberikan solusi TI dengan kualitas yang bagus, tepat waktu, dan sesuai dengan anggaran.
  • Menguasai dan menggunakan TI untuk mendatang keuntunagn.
  • Menerapkan TI untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas sambil menangani risiko TI.

Dalam sebuah TI Governance terdapat bebeapa pemangky kepetingan. Dibawah ini dapat kita pemangku kepentingan dan peranan-perenannya :

  • Board and Exexcutive menentukan arah pada TI, Memantau hasil dan memastikan ketepatan implementasi
  • Business Managemenet, Menguraikan kebutuhan-kebutuhan bisnis untuk TI dan memastikan nilai-nilai tersebut dikirimkan dan risko terkelola.
  • IT Managemenet, Memberikan dan meningkatlan pelayanan TI seperti yang dibutuhkan pada bisnis.
  • IT Audit, Menyediakan kepastian yang independen untuk mendemonstrasikan bahwa TI menyediakan apa yang diperlukan.
  • Risk and Compliance, Mengukur kepatuhan pada aturan-aturan dan focus pada resiko yang mungkin muncul.

Tata Kelola TI (IT Governance) juga dikenal sebagai :

  • Tata Kelola Teknologi Informasi (Information Technology Governance)
  • Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communications Technology Governance (ICT Governance)
  • Tata Kelola perusahan teknologi informasi (Corporate Governance Of Information Technonolgy)
  • Tata Kelola perusahan teknologi informasi dan komunikasi (Corporate Governance Of Information and Communication Tenhnology)

Sejarah Tata Kelola TI

Muncul Tata Kelola TI, Disiplin tata kelola tekhnologi informasi pertama kalo muncul pada tahun 1993 sebagai turunan dari tata kelola perusahan dan terutama berkaitan dengan hubungan antara tujuan stategis organisasi, tujuan bisnis, dan manajemen TI dalam suatu organisasi.

  1. Memastikan bahwa penggunaan informasi dan teknologi menghasilkan nilai bisnis,
  2. Mengawasi kinerja manajemen dan
  3. Mengurangi risiko yang terkait dengan penggunaan informasi dan tekhnologi.
Referensi :




Komentar