Artikel Sosialisasi : Kemkominfo Beri Bimbingan Sosialisasi Internet Sehat dan Aman

 

    Di era globalisasi ini, semua kegiatan dapat dilakukan melalui internet. Internet merupakan platform yang mendukung semua kegiatan baik dari segi kreatifitas, inovasi, pembelajaran, sampai pekerjaan pun dapat dilakukan dalam internet. Jika internet digunakan dengan hal positif maka semua yang ada dalam internet itu menjadi positif, tetapi jika internet digunakan dengan hal negaitf, maka yang ada dalam internet itu pun menjadi negatif.

    Sosialisasi penggunaan internet sehat dan aman ini sangat perlu dilakukan, khususnya untuk para pemuda/ remaja. Bisa dilihat dari kasus “Pelaku Tawuran Maut di Lembah Gurame Depok Disebut Kerap Disewa untuk Tawuran”. Tawruan tersebut berawal dari saling ejek di media social. Dan itu membuktikan bahwa mereka menggunakan internet dengan tidak sehat dan akhirnya berakhir menjadi tawuran dan menghilangkan nyawa seseorang.

    Sangat banyak dampak yang ditimbulkan jika seseorang menyalah gunakan penggunaan internet. Apalagi jika yang menyalah gunakan masih berusia remaja atau bisa dikatakan abg yang masih labil. Perlu sosialisasi, pengawasan dari orang tua, dan kontrol diri dari remaja itu sendiri dalam menggunakan internet untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

    Ada beberapa tips untuk menggunakan internet dengan sehat dan aman yang pertama bukalah hal-hal atau website yang membuat diri kita menjadi produktif, dan tinggalkan hal-hal atau website yang membuat diri kita menjadi toxic. Jangan percaya semua hal yang ada di internet karena tidak semua ada yang di internet itu benar seperti berita-berita hoaks yangs ering beredar di masyarakat. Pahami beretika di internet, jangan sampai kejadian seperti kasus sebelumnya terjadi. Berawal dari saling ejek hingga melibatkan korban. Karena mulutmu adalah harimau mu.

Source : https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/4230/Kemkominfo+Beri+Bimbingan+Sosialisasi+Internet+Sehat+dan+Aman/0/berita_satker (di akses pada 22 Oktober 2020)





Komentar