KELOMPOK TIGA - KRIMINALITAS

 KRIMINALITAS

Disusun oleh : 

  1. Fikri Maulvi Hakim
  2. Geana Fiska Warizky
  3. Ihsan Kurniawan
  4. Izzaldan Naveed
  5. Kemal Raisya
  6. Maulva Nazir Ahmad


Kasus Pencurian 


Dengan melihat kasus ini saya bisa melihat bahwa dalam komplek itu kurangnya penjagaan atau pengawasan orang-orang yang mencurigakan masuk ke dalam komplek tersebut dan kurangnya kewaspadaan atau antisipasi saat berpergian jauh dalam rentan waktu yang lama. Jika memang ingin berpergian jauh setidaknya simpanlah barang-barang yang sekiranya sangat berharga didalam berangkas atau tempat yang tidak sering dikunjungi.

Menurut pendapat saya, dalam kasus pencurian ini korban mengalami kerugian yang sangat besar. Oleh karena itu, si korban pasti mengalami shock yang berat saat mengalami musibah tersebut. Pastinya membutuhkan orang yang bisa menenangkan hati si korban tersebut karena kita sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup sendiri tetapi membutuhkan peran dari orang lain. Lalu, laporkanlah kasus pencurian ini ke pihak yang berwajib dan sedetailnya agar kasus dapat diselesaikanoleh pihak yang berwajib.

  1. Meningkatkan keamanan dalam area sekitar rumah.
  2. Tidak memakai interior yang terlihat dari luar secara berlebihan.
  3. Memasang alarm , CCTV , dan gembok yang kuat.
  4. Menjalin hubungan yang baik dengan tetangga

Kasus Penganiyayaan


Dari melihat kasus di samping saya melihat bahwa kejadian adalah sebuah kelalaian dalam menjalankan tugas sehingga tahanan yang berstatus adik ipar Edo Kondologit tewas. Dalam kasus ini kelalaian dari pihak kepolisian menyebabkan beberapa tahanan bebas untuk menganiaya korban.

Menurut pendapat saya, dalam kasus penganiayaan pihak korban pasti mengalami kesedihan, karena keluarganya yang seharusnya menjalani hukuman dengan tenang akan tetapi tewas karena dianiaya. Dan apabila pihak yang bertanggung jawab tidak melakukan tindakan pengadilan kepada para tersangka maka akan terjadi sebuah konflik antara tersangka, keluarga korban, dan pihak bertanggung jawab. Maka dari, itu tindak lanjut kasus ini harus dilakukan seadil-adilnya agar tidak menyebabkan konflik yang berkepanjangan antar yang bersangkutan.

  1. Pengawasan harus ditingkatkan kembali kepada para tahanan,
  2. Para polisi harus selalu mengawasi kesenjangan yang terjadi antara para tahanan,
  3. Mengutus mata-mata dari para tahanan agar mengetahui  apa yang sedang terjadi di antara para tahanan.

Kasus Penipuan


Dalam berita yang saya kutip disamping, anak anak smp ini melakukan penipuan hanya untuk dapat berfoya-foya. Disinilah pentingnya orang tua mendidik anak-anaknya agar hidup sederhana dan mengajarkan perbuatan yang salah dan yang bener karena di usia muda anak bakal mencoba melalukan sesuatu yang ingin mereka coba

Menurut saya, Tindakan penipuan ini merupakan gambaran perilaku sebagian masyarakat yang ingin menjual suatu barang tanpa modal yang besar tetapi dapat meraup uang dalam jumlah yang banyak dari para korban. Penyebab mengapa mereka melakukan penipuan ini yaitu kurang didikan dari usia dini atau ingin mencari duit dengan cepat

  1. Orang Tua seharusnyaa mendidik anak-anak mereka agar tidak menjerumus ke hal-hal yang negatif,
  2. Aparat harus menindak tegas agar tidak ada yang menjadi korban untuk kemudian harinya,
  3. Para pembeli membeli ke toko yang terpercaya yang sudah banyak yang beredar di website.

Kasus Korupsi


Wisnu Wardhana merupakan seorang mantan ketua DPRD Surabaya periode 2009-2014 yang menjadi burnonan korupsi atas engalihan aset BUMD, PT.Panca Wira Usaha Jatim dengan kerugian negara 11 miliar. Ketika ditangkap, Wisnu Wardhana sangat tidak kooperatif dan sempat ingin melarikan diri dengan menabrak motor petugas kepolisian.

Menurut pendapat saya, Kasus korupsi seperti Wisnu Wardhana ini sangat marak terjadi di Indonesia, mulai dari yang nominal kecil sampai besar yang merugikan negara. Seperti tidak ada kapok-kapoknya para orang-orang ini tetap saja memakan uang rakyat tanpa ada rasa bersalah sama sekali.  Jika dilihat, sistem hukum Indonesia memang lemah dan cenderung berat sebelah. Para koruptor biasanya hanya di tahan beberapa tahun lalu mendapat remisi dan bebas. Tidak ada perlakuan yang ketat dari hukum dan negara terhadap koruptor ini.

  1. Menanamkan nilai kejujuran,
  2. Memberikan edukasi atau kampanye anti korupsi ke masyarakat dari sejak dini,
  3. Perlunya transparansi anggaran dari pemerintah ke rakyat,
  4. Menegakkan hukum yang adil kepada koruptor,
  5. Menyita harta atau memiskinkan para koruptor.

Kasus Pelecehan Seksual


Kejahatan seksual merupakan jenis kejahatan yang sulit dibuktikan dan jika tidak diperoleh bukti-bukti yang cukup kuat,  korban yang melaporkan pun juga beresiko untuk dilaporkan balik dengan tuduhan pencemaran nama baik. Bagaimana dengan cara berpakaian korban ?

Menurut saya, fenomena begal mesum ini merupakan gambaran perilaku sebagian masyarakat yang semakin tidak masuk akal. Entah ini disebabkan efek teknologi yang bisa mengakses informasi apapun (termasuk gambar dan video asusila), atau karena semakin banyak orang berperilaku menyimpang akibat tekanan hidup atau memang terdorong oleh keinginan yang sadar. Apa pun alasannya, tindakan pemaksaan yang merugikan korban merupakan tindakan kejahatan.

  1. Aparat harus menindak tegas para pelaku agar tidak meluas,
  2. Perlu kebijakan-kebijakan yang tegas dan mendukung bagi para korban, misalnya pemasangan CCTV jalan yang merata,
  3. Tindakan kejahatan seksual seperti yang dicontohkan, sebaiknya tidak disebarluaskan di media sosial karena juga dapat berdampak buruk bagi masyarakat  luas. 
Source : 

Komentar