Information Technology Infrastructure Library (ITIL)

Information Technology Infrastructure Library (ITIL) merupakan konsep dan teknik dalam mengelola teknologi informasi (TI) mulai dari infrastruktur, pengembangan sampai operasi. Pendekatan ITIL merupakan pendekatan yang paling luas layanan manajemen TI di dunia. Fokus ITIL tidak hanya sering dengan berkembangnya teknologi informasi, ITIl telah mengalami perkembangan. Information Tecknology Infrastucture Library (ITIL) menyediakan pentujukan manajemen yang terbaik dalam layanan meningkatkan kapabilitas dan produktivitas, meningkatkan kepuasan pelanggan/pengguna, meningkatkan interaksi layanan TI dengan pengguna/pelanggan, Membuat organisasi berkembang, mengintegrasi layanan.

Di dalam ITIL terdapat Lima Volume Layanan seperti berikut : 

  1. Layanan Strategi : ITIL memberikan layanan strategis yang memiliki focus terhadap bisnis mulai dari focus terhadap tujuan, prinsip, sampai manajemen layanan.
  2. Layanan Desain : Dengan layangan desain ITIL dapat memberikan arahan dalam proses produksi sampai pemelihara kebijakan TI, dokumen, sampai arsitektur.
  3. Layanan Transisi : Layanan transisi pada ITIL memiliki focus terhadap praktek dan manajemen perubahan yang berguna sebagai transisi pelayanan di lingkungan bisnis.
  4. Layanan Operasi : Layanan Operasi pada ITIl memiliki focus pada kegiatan pengiriman dan proses control.
  5. Peningkatan Pelayanan terus menerus : Dengan Meningkatkan layanan secara terus menerus maka. ITIL dapat menganalisis isu-isu seputar layanan yang nantinya dapat di evaluasi untuk perbaikan pelayanan.

Selain Lima Volume layanan, ITIL juga memilki beberapa istilah utama yaitu : 

  • Kapabilitas : kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang bernilai.
  • Fungsi : Sekelompok orang dalam organisasi yang dibentuk untuk menyelesaikan masalah atau tugas.
  • Proses : kegiatan terstuktur yang dirangkai untuk mencapai tujuan.
  • Sumber : Sumber daya yang berkontribusi untuk layanan (bahan Baku).
  • Peran : Peran seperti tanggung jawab dan hak yang dimiliki oleh setiap individu dan tim.
  • Aset Layanan : memberikan dan menawarkan layanan yang mengacu pada sumber daya.
  • Servis : memberikan nilai tanpa resiko terhadap pelanggan.
  • Nilai, Manfaat, dan Gransi : ITIL harus memberikan layanan yang berniai, memilki manffat untuk pelanggan dan layanan nya bergaransi (memilki jaminan).

ITIL memilii keuntungan dan kelemahan. Keuntungan dari ITIL adalah memberikan kepuasan pelanggan terhadap pelayangan TI, memperbaiki layanan yang tersedia, Secara langsung berpengaruh dalam keuntungan bisnis, Menghemat keuntungan waktu.

Kelemahan ITIL anatar lain buku yang dimilki ITIL sulit dijangkau untuk non komersial, Bersifat holistic karena mencakup tata kelola TI, memerlukan pelatihan khusus dan sertifikasi dalam menjalakan pendoman ITIL.


Referensi :

  • https://itgov.cs.ui.ac.id/itgov/pengantar%20ITIL%20v3%20muki.pdf
  • https://itgid.org/pemahaman-itil/
  • https://dosenit.com/kuliah-it/sistem-informasi/konsep-information-technology-infrastructure-library-itil
  • https://www.slideshare.net/Dasufianti/information-technology-infrastructure-library-itil-147851179
  • https://www.lucidchart.com/blog/5-processes-of-itil-service-strategy


Komentar